Laporkan Penyalahgunaan

Bersama Hadapi Corona Saat PPKM Darurat

16 komentar

bersama hadapi corona
Gelombang 2 Covid-19

Info dari covid19.go.id, penambahan kasus harian di Indonesia per tanggal 6 Juli hampir mencapai 32ribu orang. Lonjakan kasusnya luar biasa dibandingkan saat pandemi gelombang pertama. 

Saya sendiri termasuk salah satu "korban" gelombang 2 ini. 

Di komplek perumahan saya dan mertua pun semakin banyak yang terdeteksi positif covid-19. Budhe dan keponakan dari suami saya pun ikutan terinfeksi. Kalau ada yang nanya kena dari mana, pasti jawabnya "nggak tahu" karena penyebarannya yang semakin merajalela.

Saya juga mendapatkan info bahwa banyak rumah sakit yang sudah tidak sanggup menerima pasien baru karena lonjakan kasus ini. Pasokan oksigen untuk pasien sangat langka dan terbatas sehingga RS tidak bisa memberikan layanan optimal pada pasiennya.

Saya punya beberapa teman yang bekerja di RS baik sebagai staff maupun tenaga medis. Info dari teman saya tersebut, tiap hari terdengar "code blue" karena kondisi pasien memburuk. Jika pernah melihat drama medis baik dari Jepang maupun Korea dengan kondisi pandemi, situasi di RS saat ini mirip dengan drama itu, bahkan lebih mengerikan karena riil terjadi di depan mata.  

Bersama Hadapi Corona

Pemerintah Indonesia memberlakukan PPKM Darurat mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 di Pulau Jawa dan  Bali. Kebijakan ini diambil sebagai respon terhadap gelombang 2 pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin mengganas dan mengerikan. Kebijakan PPKM dari pemerintah dengan segala macam peraturan turunannya tentu akan sangat berdampak pada seluruh sektor kehidupan. 

Kita Tidak Sendirian

Meski banyak sekali tragedi terjadi karena Covid-19 ini, alhamdulillah kita tidak sendirian. Ada banyak bantuan dari Allah SWT melalui pemerintah, saudara, tetangga dan juga lembaga-lembaga sosial yang sangat memperhatikan kesejahteraan warganya.

Ya, kita tidak sendirian.

Rumah Zakat dan Aksi Sosial

Jika ditanya lembaga sosial mana yang jadi favorit dan langganan, saya akan jawab Rumah Zakat. Setidaknya selama 10 tahun saya setia menunaikan sedekah, infak, qurban di lembaga yang identik dengan warna oranye ini. 

Selama pandemi terjadi, Rumah Zakat aktif berkontribusi pada 219.701 orang di 250 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Ada banyak program yang sudah dihadirkan untuk membantu warga selama hampir 2 tahun pandemi melanda yaitu

  • 485 titik sosialisasi ovi-19 dan PHBS
  • 418.731 Masker 
  • 13.800 perlengkapan kesehatan
  • 118.748 paket makanan dan suplemen
  • 1.204 bantuan wakaf UMKM
  • 19 titik lumbung pangan
  • 404.641 paket superqurban
  • 50 ventilator dan 1870 rapid tes

Tidak berhenti di situ, kini Rumah Zakat meluncurkan beberapa program baru untuk Indonesia yaitu 

Layanan ambulans gratis untuk pasien dan jenazah Covid-19 

Ambulans gratis ini dapat diakses oleh siapapun yang membutuhkan dengan menghubungi contact person yang disediakan oleh Rumah Zakat. Ambulance gratis ini tersedia di 15 titik cabang Rumah Zakat.

ambulans gratis untuk pasien covid-19

Percepatan vaksinasi Nasional

Hingga sekarang vaksinasi masih menjadi privilege di beberapa wilayah karena dipengaruhi dengan distribusi vaksin ke seluruh wilayah Indonesia. Vaksin sudah relatif mudah diakses oleh pendudukan perkotaan namun kondisi sebaliknya di desa-desa. Karena itu Rumah Zakat ikut terlibat dalam percepatan vaksinasi nasional di 1689 desa berdaya

Kolaborasi Qurban Untuk Ketahanan Pangan 

Kebutuhan paling dasar yang harus dipenuhi setiap hari adalah kebutuhan pangan. Tapi karena pandemi terjadi, pemenuhan pangan ini menjadi semakin sulit terutama untuk para pekerja harian yang terkena covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri.

Pada Konferesi Pers tanggal 6 Juli 2021 Rumah Zakat mengajak kepada pemerintah, lembaga, komunitas masyarakat, majelis taklim untuk dapat membantu ketahanan pangan Indonesia melalui program Superqurban.

Program ini dapat membantu masyarakat muslim untuk beribadah qurban dengan tenang karena kesehatan terjaga tapi juga dapat berkontribusi besar pada pemenuhan pangan di Indonesia. Terutama saat terjadi kondisi sulit seperti pandemi covid-19 seperti sekarang dan saat ada bencana alam yang terjadi di Indonesia. 

Teman-teman bisa ikut berpartisipasi dengan program Superqurban ini di website Rumah Zakat. InsyaAllah gampang banget kalau mau donasi online di lembaga orange favorit saya ini karena tinggal klik-klik transfer dan langsung dapat sms notifikasi. 

Yuk ah, kita jadikan amalan qurban tahun ini sebagai qurban terbaik yang dapat memberikan manfaat lebih melalui Superqurban Rumah Zakat.

Reviewpedias

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

16 komentar

  1. Covid-19 meningkat lgi, ya. Jadi perlu PPKM, nih. Salut dengan inisiatif rumah zakat untuk menyalurkan bantuan bagi yang terdampak.

    BalasHapus
  2. Semoga bantuan dalam bentuk apapun dari Rumah Zakat bisa meringankan saudara saudara kita yang membutuhkan dan semoga pandemi segera berakhir...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ya Rumah Zakat mempunyai program-program yang bisa membantu selama PPKM. Memudahkan sekali bisa membantu menghadapi C19 yang sudah sangat gawat gelombang kali ini.

    BalasHapus
  4. Rasanya sediiiih banget ya mbaa, karena pandemi tahun ini lebih berat daripada tahun kemarin. Udah mulai takut sejak PPKM darurat kemarin. Mudah-mudahan semuanya dalam lindungan Allah, termasuk para relawan dan donatur yang tergabung dalam program kebaikan Rumah Zakat

    BalasHapus
  5. Semoga Rumah Zakat makin jaya! Penyaluran bantuan yang tepat guna sehingga terasa benar manfaatnya. Kita tidak sendiri. Mari berjuang bersama melawan pandemi ini.

    BalasHapus
  6. sejak beberapa tahun lalu aku lebih memilih nitip qurban lewat lembaga2 seperti ini, kak. soalnya, selain karena situasi sekarang yaa, ini juga soal pemerataan. karena aku tinggal di kota, kebanyakan ya ntar muternya ke situ2 ajaa.. kalau lewat lembaga kayak gini akan lebih terasa untuk yang benar2 membutuhkan

    BalasHapus
  7. semoga rumah zakat dapat semakin memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia, bantuan ambulans n tabung oksigennya sangat-sangat dibutuhkan para pasien covid terutama mereka yang kesulitan mengakses RS karena sudah penuh

    BalasHapus
  8. Kontribusi Rumah Zakat untuk masyarakat sangat besar, apalagi untuk nanti lebaran Qurban. Sangat mendukung dengan inovasi Rumah Zakat

    BalasHapus
  9. Keren sekali program dari Rumah Zakat ini. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantukan oleh Rumah Zakat ini, aaamiiin..

    Di tempat saya juga semakin banyak yang positif Corona. Semoga cepat berlalu ya pandemic ini

    BalasHapus
  10. Virusnya lagi beraksi nih. Kita semua harus ekstra hati-hati, saling menjaga satu sama lain. Senang sekali ada yang mengadakan kegiatan ini, sebuah aksi kemanusiaan yang nyata. Semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  11. Iya benar ngeri klu melihat banyaknya korban yang berpulang karena covid. Semoga dgn PPKM bisa menekan perkembangan covid. Dgn sikon yg serba terbatas membuat Rumah Zakat membuka program Superqurban. Semoga bisa membntu saudara2 kita yg membutuhkan bantuan ya...

    BalasHapus
  12. rumah zakat cepat tanggap dengan covid 19 gelombang ke dua ini. dengan menyalurkan cepat dana umat untuk yang terdampak dengan hebat

    BalasHapus
  13. Saya penderita covid-19 tahun kemarin bulan Oktober, dan saya yakin rumah zakat sangat bisa membantu dan mengurangi beban ekonomi apalagi di bidang oksigen sangat membantu

    BalasHapus
  14. alhamdulillah Rumah Zakat sangat peduli ya, mbak dengan pandemi yang melanda ini dan memberikan banyak bantuan. semoga saja pandemi ini segera berakhir dengan semakin digalakkanya program vaksin

    BalasHapus
  15. Ngeri ya mbak baca berita COVID-19 gelombang 2 ini. Bikin urut-urut dada. apalagi banyak kabar orang terdekat terpapar COVID dan meninggal dunia, makin sedih rasanya. Alhamdulillah program Rumah Zakat sangat baik untuk membantu masyarakat. Tabung oksigen itu dibutuhkan banget sekarang karena langka dan harganya juga mulai tinggi. Ya Allah. Semoga Ibu Pertiwi segera pulih kembali.

    BalasHapus
  16. Sepakat sekali kak. Kita harus bekerja sama menghadapi corona dan PPKM ini. Alhamdulillah rumah zakat ikut berperan aktif ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar