Laporkan Penyalahgunaan

Berbuat Baik Bersama Rumah Zakat Dan #SEMANGATINDONESIA

2 komentar

PPKM masih berlanjut lagi nih guys. 

Gimana? Masih survive?

Alhamdulillah buat teman-teman yang masih bisa hidup nyaman dan bertahan di pandemi tahun ke-2 ini. Tapi ada banyak banget warga yang semakin terpuruk kondisinya karena terkena kebijakan pemotongan gaji sampai layoff karyawan. Kebayang sih gimana frustasinya hidup di kondisi kayak gini.

Di Bandung sendiri makin banyak orang yang mengais nafkah sebagai street performer. Misalnya cosplay jadi Doraemon, Upin-Ipin, Masha (tapi nggak sama The Bear), kuntilanak, pocong, dan lainnya. Dulu cosplayer ini cuma ada di daerah Asia Afrika karena di sana merupakan daerah pusat keramaian dan turis lokal. 

Di masa pandemi, cosplayer jadi ada di mana-mana. Hampir semua perempatan di Kota Bandung ada cosplayer yang nongkrong dan mencari rezeki. Bahkan menurut pengamatan reviewpedias, cosplayer ini pasti ada di setiap pom bensin di pedesaan. Tidak sedikit juga yang berjalan kaki di sepanjang jalan dengan membawa kaleng/tas kecil untuk menampung sumbangan/sedekah.

Fenomena cosplayers ini memberikan sebuah gambaran nyata bagaimana sulitnya kondisi ekonomi di tataran rakyat jelata akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Saat ekonomi terdampak, maka semua hal akan terkena efeknya juga yaitu pangan, kesehatan, dan sosial.

infak online

INDONESIA ADALAH NEGARA PALING DERMAWAN

Untungnya kita tinggal di Indonesia, negara yang tidak hanya bersatu karena proklamasi kemerdekaan tapi juga erat dengan sosial budaya yang mengagumkan. Dermawan dan gotong royong adalah value hidup yang tidak pernah absen dari setiap diri, baik si kaya maupun si tak punya apa-apa.

Berdasarkan survei, saat ini pendapatan masyarakat Indonesia menurun tapi ternyata perilaku berderma semakin meningkat dan rutin beramal di tengah covid-19. Tak heran jika Indonesia menjadi negara paling dermawan di Dunia berdasarkan survei di 114 negara di seluruh dunia dengan skor keseluruhan 69%.

3 aspek penilaian yang membuat Indonesia menjadi nomor 1 adalah

  1. Memberikan bantuan kepada sesama
  2. Mendonasikan uang
  3. Menyediakan waktu menjadi sukarelawan


JADI WARGA YANG DERMAWAN ITU MUDAH

Indonesia sudah jadi negara paling dermawan, kita sebagai salah satu dari ratusan juta warga tentu tidak boleh lengah dan harus terus menjaga value kita sebagai seorang Indonesia yaitu berderma. Di dalam islam, amalan kita bisa disebut infak atau sedekah. 

PPKM Level 4 ini membatasi ruang gerak kita secara fisik, tapi kita tetap bisa bergerak membantu orang banyak dengan bantuan aplikasi serta website donasi yang bisa diakses kapanpun. 

Saat ini reviewpedias rutin berdonasi melalui Rumah Zakat yang sangat inovatif dalam menyediakan channel-channel donasi. Website sudah mobile friendly yang bisa diakses kapanpun.

berbuat baik itu mudah
Dengan kemudahan ini,

Nggak ada lagi yang bisa menghalangi kita berbuat baik.


#SEMANGATINDONESIA: KOLABORASI YANG MEMBANGGAKAN

Kolaborasi menurut saya adalah istilah lain dari value gotong royong yang sudah mengakar di budaya kita. Rumah Zakat sudah lama berkolaborasi dengan mitra-mitranya bahkan sejak awal berdiri. 

Rumah Zakat pada tanggal 16 Agustus 2021, satu hari sebelum peringatan kemerdekaan Indonesia merilis gerakan #SemangatIndonesia. Sebuah gerakan untuk membangun optimisme masyarakat bahwa Indonesia pasti bisa bebas dari corona. 

Dalam kesempatan ini Bapak Nur efendi juga menyampaikan bahwa Rumah Zakat telah membuka layanan Crisis Centre di 10 kota berkat dukungan dari para donatur dan mitra kolaborasi. 

5 layanan Crisis Centre Rumah Zakat:

  1. Penyediaan ambulance gratis
  2. Pemberian pinjaman tabung oksigen
  3. Bantuan sembako bagi yang sedang isoman
  4. Penyediaan telekonsultasi
  5. Bantuan untuk UMKM.

Selain itu, Rumah zakat juga sudah rutin menyalurkan bantuan lainnya dari awal pandemi, yaitu paket masker, perlengkapan kesehatan, ventilator dan rapid hingga percepatan vaksinasi.

Selama masa pandemi Rumah Zakat telah membantu 967.248 orang di 250 Kota/Kabupaten di 27 Provinsi bersama 3.948 orang relawan. 

rumah zakat

Bersama gerakan ini, Rumah Zakat menggandeng puluhan lembaga, institusi, dan organisasi untuk dapat membantu warga indonesia bangkit di masa pandemi. 

reviewpedias sebagai salah satu donatur merasa bangga dan semakin percaya bahwa Rumah Zakat adalah lembaga yang amanah.

Selamat kepada Rumah Zakat dan mitra-mitranya! Semoga dapat terus berkontribusi pada negeri ini.

reviewpedias.com

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

  1. iya memang masyarakat kita itu terkenal akan kegotong royongannya yang tinggi, semoga saja hal ini tidak terkikis oleh zaman ya...
    Semoga rumah zakat bisa membantu lebih banyak orang..

    BalasHapus
  2. Pandemi adalah musibah yang nggak milih-milih. Semua lapisan di penjuru bumi terkena dampaknya. Semoga musibah ini tetap menyamangi kita untuk berbagi sedekit rezeki dengan sesama. Sukses, ya.

    Cerita Maria

    BalasHapus

Posting Komentar